Jaga Ekosistem Sungai, Pegawai KPPN Bojonegoro Tebar Benih Ikan

Jaga Ekosistem Sungai, Pegawai KPPN Bojonegoro Tebar Benih Ikan

IMG_3421Sungai merupakan salah satu sumber air yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dan kebutuhan hidup sehari-hari sudah selayaknya dilakukan berbagai upaya untuk menjaga kelestarian dan kealamiannya. Sungai yang melewati sebagaian besar kota-kota besar di Indonesia kondisinya sangat memperihatinkan.

Saat ini sungai-sungai yang melintasi daerah/kota-kota yang air sungainya sudah hitam legam, berbau tidak sedap dan tidak layak konsumsi. Namun ironisnya masih banyak warga kumuh berpenghasilan rendah hidup di sekitar bantaran kali dan masih tetap menggunakan air sungai tersebut untuk mandi, mencuci, dan buang air. Tentu saja hal itu tidak boleh didiamkan begitu saja. Mesti ada tindak lanjut pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta seluruh warga masyarakat harus tetap melakukan upaya untuk melestarikan sungai tersebut.

Tak ketinggalan pula puluhan pegawai KPPN Bojonegoro, pada hari Jum’at tanggal 8 Januari 2016 bergerak menuju desa Ngringinrejo tepatnya di pinggiran Bengawan Solo untuk melaksanakan program Jum’at peduli dengan tabur ribuan benih ikan ke Bengawan Solo dalam rangka hari Bakti Perbendaharaan tahun 2016.

Acara tersebut diawali dengan pesan singkat Kepala KPPN Bojonegoro kepada para peserta kegaiatan, “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian KPPN Bojonegoro pada lingkungan sungai, terutama menjaga sungai agar tetap bersih dari sampah atau limbah sehingga ekosistem yang ada tetap terjaga,”  dan mengajak masyarakat sekitar sungai untuk beramai-ramai menebar benih ikan di sungai.

Setelah selesai mayampaikan pesan singkat, segera kegiatan dimulai dengan menuruni anak tangga di pinggir sungai, dengan sigap para pegawai telah mencapai lembah sungai, dengan membaca Basmallah Kepala KPPN menebar benih ikan yang terbungkus dalam kantong plastik ke Bengawan solo dan disusul dengan pegawai lainnya