Serapan anggaran yang rendah pengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional

Serapan anggaran yang rendah pengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional

IMG-20180809-WA0024Menindaklanjuti surat Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Nomor S-4454/PB/2018 tanggal 24 Mei 2018 tentang Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Kemeterian/ Negara/ Lembaga Triwulan II Tahun 2018 dan Peluncuran Integrasi IKPA dan Om SPAN, dann dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBN yang efektif, efesien dan akuntabel sesuai prinsip-prinsip dan tata kelola keuangan yang baik, pada hari Kamis tanggal 9 Agustus 2018 bertempat di aula Rajekwesi KPPN Bojonegoro mengadakan Sosialisasi Hasil Monitoring Indek Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA).

Hadir dalam acara tersebut satuan kerja dan mitra kerja wilayah bayar KPPN Bojonegoro yang diperkirakan mencapai 108 orang peserta, acara di mulai pukul 8.30 yang diawali dengan pembukaan, yang dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bojonegoro. Dalam sambutannya Achmad Djunaedi menyampaikan “Bahwa penyerapan anggaran telah menjadi issue nasional karena penyerapan anggaran merupakan salah satu tahapan dari siklus anggaran yang dimulai dari perencanaan anggaran, penetapan dan pengesahan anggaran oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Dampak dari lambatnya penyerapan anggaran berkaitan dengan pertumbuhan perekonomian negara dan daya beli masyarakat menjadi lemah. Hal ini disebabkan karena belanja negara turut menjadi andil dan penentu pertumbuhan perekonomian negara Indonesia dan menjadi variabel yang dominan dalam pertumbuhan perekonomian”. Diakhir sambutannya Achmad Djunaedi menyampaikan pesan kepada para hadirin “ untuk selalu melakukan monitoring indek kinerja pelaksanaan anggaran melalui aplikasi OM SPAN guna untuk mengetahui  nilai IKPA secara periodik pada masing-masing satker. Dan segera melakukan revisi DIPA dan penyerapan anggaran sesuai dengan rencana yang telah ditentukan”

Acara dilanjutkan dengan FGD dengan tema yang sama dimoderatori oleh Ibu Sri Murti dan Bapak Sri Harsono sebagai Narasumber yang berlangsung hingga menjelang sholat dhuhur.

IMG-20180809-WA0018

IMG-20180809-WA0020