Samakan Langkah Untuk Distribusi dan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa

Samakan Langkah Untuk Distribusi dan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa

DSC_0031www.kppnbojonegoro.net, 5 September 2018 – Untuk meningkatkan pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa tahun 2018 di Kabupaten Bojonegoro, pada hari Rabu tanggal 5 September 2018 bertempat di ruang Angling Dharma Pemerintah Kabupaten Bojonegoro diadakan Focus Group Discussion dan Pemantauan/Evaluasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di Kabupaten Bojonegoro. Focus Group Discussion dan Pemantauan/Evaluasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa terselenggara atas kerja sama yang baik antara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi Jawa Timur, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Bojonegoro dan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. Acara tersebut dihadiri sejumlah undangan, terdiri dari Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Bojonegoro, serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Ketentuan Penyaluran Dana Desa TA 2018 dipercepat dan telah disalurkan sejak bulan Januari 2018. Pada TA 2018  Dana Desa untuk Kabupaten Bojonegoro dialokasikan sebesar Rp.316,3 Milyar terealisasi Rp.189,8 milyar dan DAK Fisik sebesar Rp. 82,2 Milyar terealisasi sebesar Rp.21 milyar.

Dalam sambutan pembukaan Wiwin Istanti mengatakan “Kami selaku Bendahara Umum di Daerah mengajak Bapak dan Ibu untuk menyatukan langkah, mengingat tugas kami adalah mendistribusikan dana untuk DAK Fisik dan Dana Desa yang telah dialokasikan, bisa kami salurkan secara tepat waktu, tepat jumlah, bisa segera tersalurkan ke rekening desa”.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Bapak Yayan Rochman AP,MM. Dalam sambutannya beliau mengharapkan kepada para pengelola DAK Fisik dan Dana Desa bahwa melalui kegaiatan FGD ini bisa memberikan banyak informasi dan pengetahuan mengenai tata kelola dan pelaporan DAK Fisik dan Dana Desa, terutama terkait fokus pelaksanaan padat karya, oleh karena itu kegiatan pada hari ini agar benar-benar dimanfaatkan oleh para pengelola DAK Fisik dan Dana Desa untuk sharing knowledge serta berdiskusi dengan nara sumbernya.

Kemudian dilanjukan dengan acara inti Focus Group Discussion dan Pemantauan/Evaluasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa yang menghadirkan Bapak Ismu Karyanto Kepala Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal KPPN Bojonegoro sebagai moderator, Heru Putanto Kepala Bidang PA1 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Propinsi Jawa Timur sebagai nara sumber Pengelolaan DAK Fisik dan Dana Desa, dan Rudi Purwono Dari Universitas Airlangga sebagai pengamat dan Tenaga Ahli Kementerian Keuangan, yang berakhir hingga adzan sholat Dhuhur.