Penyerahan DIPA APBN Tahun Anggaran 2017

Penyerahan DIPA APBN Tahun Anggaran 2017

img-20161221-wa0025Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan APBN tahun 2017, perlu dilakukan upaya percepatan pelaksanaan kegiatan/proyek, terutama untuk pembangunan infrastruktur dan pengadaan barang/jasa dalam skala besar. Proses percepatan tersebut dapat dilakukan dengan melaksanakan proses pengadaan barang/jasa tersebut antara lain meliputi penyusunan dokumen lelang, pengumuman lelang, pelaksanaan lelang dan penetapan pemenang lelang. Rangkaian proses tersebut dilaksanakan sesegera setelah APBN ditetapkan…”, demikian sepenggal sambutan dan laporan Kepala KPPN Bojonegoro, Achmad Djunaedi pada acara penyerahan petikan DIPA TA 2017 di aula KPPN Bojonegoro pada tanggal 20 Desember 2016 kepada Satuan Kerja lingkup pembayaran KPPN Bojonegoro.

Pada acara yang juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bojonegoro tersebut, Kepala KPPN Bojonegoro juga menyampaikan bahwa pada TA 2017 alokasi dana DIPA yang dibayarkan melalui KPPN untuk melalui KPPN Bojonegoro untuk 59 Satuan Kerja terdiri dari 33 Satuan Kerja di Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp. 461.694.112.000,- dan 26 Satuan Kerja di Kabupaten Lamongan sebesar Rp. 543.036.032.000,-. Sedangkan untuk DIPA Transfer ke daerah dan Dana Desa TA 2017 untuk Kabupaten Bojonegoro sebesar Rp. 2.737.054.200.000,- dan untuk Kabupaten Lamongan sebesar Rp. 2.017.930.104.000,-. Disampaikan juga bahwa pada tahun 2016 ini Pemerintah Pusat dan seluruh Pemerintah Daerah untuk pertama kalinya telah berhasil menyusun Laporan Keuangan Tahun 2015 dengan menggunakan basis akrual dimana disajikan informasi keuangan yang lebih lengkap dan komperehensip. Sebagai penutup Kepala KPPN Bojonegoro mewakili segenap jajaran mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro yang telah bersinergi dalam acara Penyerahan Petikan DIPA TA 2017.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan kegiatan penyerahan DIPA secara simbolis oleh Bupati Kabupaten Bojonegoro didampingi oleh Kepala KPPN Bojonegoro kepada Kuasa Pengguna Anggaran Polres Bojonegoro, Kemenag Bojonegoro, KPP Pratama Bojonegoro, Dinas Pertanian Kab. Bojonegoro, PN Bojonegoro, PN Lamongan dan PPN Brondong.

Bupati Kabupaten Bojonegoro yang akrab disapa Kang Yoto dalam pengarahannya menyampaikan bahwa kegiatan penyerahan DIPA yang dimulai dari Presiden, Gubernur dan diteruskan di tataran Kabupaten/Kota jangan hanya dianggap sebagai kegiatan simbolis saja. Kegiatan ini merupakan bentuk perwujudan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam NKRI. Selain itu kegiatan ini juga menjadi pengingat kita yang pada saat ini ditunjuk sebagai penerima mandat dan kepercayaan dari Negara dan rakyat berupa DIPA (anggaran) yang dalam pengelolaannya nanti kita harus melaksanakan secara cepat dan tepat sehingga akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi. Apalagi dalam kondisi perekenomian dunia yang sedang tidak menentu akibat beberapa peristiwa besar seperti Brexit, Pemilu Amerika Serikat dan lainnya, anggaran pemerintah (APBN/APBD) diharapkan dapat menjadi stimulus yang dapat menjaga ekonomi nasional. Di akhir arahannya, Bupati Kabupaten Bojonegoro menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kuasa Pengguna Anggaran dan pimpinan Satker karena telah bekerja keras dalam proses pelaksanaan pengelolaan keuangan Negara sehingga program-program pemerintah dapat berjalan dengan baik.

img-20161221-wa0027

img-20161221-wa0025